UJI PUBLIK RANPERDA TENTANG PENCEGAHAN & PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN & PEREDARAN GELAP NARKOTIKA & PREKUSOR NARKOTIKA

Narkotika dan Prekusor Narkotika merupakan obat/bahan yang membawa manfaat dalam bidang pengobatan, pelayanan kesehatan, maupun dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Namun di sisi lain, justru dapat pula menimbulkan ketergantungan yang sangat merugikan apabila disalahgunakan atau digunakan tanpa adanya pengendalian & pengawasan yang ketat & seksama. Hal tersebut akan lebih merugikan lagi apabila penyalahgunaan narkotika & prekusor narkotika disertai dengan peredaran narkotika & prekusor narkotika, yang dapat mengakibatkan bahaya bagi kehidupan & nilai budaya bangsa yang pada akhirnya berimbas pada lemahnya ketahanan Nasional.

Peredaran Gelap Narkotika & Prekusor Narkotika yang kini semakin meluas, dan telah menembus berbagai lapisan masyarakat, tidak hanya di kota besar saja melainkan juga telah merambah hingga ke desa-desa. Menyadari akan hal tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan berupaya untuk mencegah & memberantas penyalahgunaan & peredaran Narkotika dan Prekusor Narkotika di era globalisasi komunikasi, informasi dan transportasi yang semakin maju, dengan menyusun suatu regulasi sebagai payung hukum, yakni dengan menyusun Peraturan Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan tentang Pencegahan & Pemberantasan Penyalahgunaan & Peredaran Gelap Narkotika & Prekusor Narkotika. Bertempat di Aula Badan Penanggulangan Bencana & Kesbangpol Kab. HSS, pada hari Kamis tanggal 27 Maret 2020 pukul 09.00 WITA Bagian Hukum dan PerUUan Sekretariat Daerah Kab. HSS mengadakan uji publik terhadap Ranperda tentang Pencegahan & Pemberantasan Penyalahgunaan & Peredaran Gelap Narkotika & Prekusor Narkotika. Acara ini dihadiri oleh Kepala BNN Kab. HSS, Kepala Badan PB Kesbangpol, Kabag Hukum & PerUUan, Kabid Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Dinas PPKBPPA, Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos, Kabid Litbang Bapelitbangda, Kabid Kepegawaian BKD Diklat, Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes, Kabid Pelayanan & Pengelolaan Informasi Publik Diskominfo, Kabid Destinasi Wisata Dinas Pemuda, Olahraga & Pariwisata, Kabid Pendidikan SMP Dinas Pendidikan, Kabid Tibum & Gakda Satpol PP, Kabid Pemberdayaan Pemerintahan desa Dinas PMD, Kabid Kesbangpol Badan PB, Kesbangpol, Kasubag TU Kantor Kemenag, Kasi Logistik Keperawatan RSUD BHHB Kandangan, KBO Satnarkoba Polres HSS, Pasi Intel Kodim 1003 Kandangan, Kasi Rehabilitasi BNN, Kasubag Umpeg Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, UK dan Perindustrian, Kasubid Pembinaan & Penyusunan Anggaran Wil II Bakeuda dan Kasubid Pembinaan Politik & Pemilu Badan PB, Kesbangpol, selain itu acara ini juga dihadiri oleh beberapa lembaga Organisasi Pemuda yang ada di Kab. HSS, diantaranya yakni FKDM Kab, Ketua FKUB, Ketua FPK, Ketua STAI Darul Ulum Kandangan, KNPI, Ketua PMI dan organisasi pemuda lainnya.

Ranperda ini tidak hanya berupaya mencegah dan memberantas penyalahgunaan & peredaran Narkotika & Prekusor Narkotika saja namun juga memberikan suatu upaya khusus bagi pecandu di bawah umur, serta orang tua maupun keluarganya untuk mendapatkan pendampingan dan/atau advokasi, hal ini agar pemakai pemula tidak meningkat menjadi pecandu & pecandu masa depan pun dapat terselamatkan. Tidak hanya itu, Ranperda ini juga mengatur mengenai peran serta masyarakat dalam usaha pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan & peredaran gelap narkotika & prekusor narkotika termasuk pemberian penghargaan bagi anggota masyarakat dan aparat penegak hukum yang telah berjasa dalam upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan & peredaran gelap narkotika & prekusor narkotika di daerah Kab. HSS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *